Rabu, 15 Oktober 2014

Kulit Wajah Bersih, Sehat, dan Cantik dengan Tomat

Tomat merupakan sayuran yang tidak asing lagi bagi semua orang, terutama untuk orang Indonesia. Keberadaannya yang mudah ditemui dan cita rasanya yang asam segar membuat sayuran ini digemari oleh kebanyakan orang, baik dimakan begitu saja ataupun diolah menjadi sebuah makanan. Akan tetapi, sudah tahukah anda ? bahwa tomat memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan vitamin dan lycopene sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai tabir surya. Mengkonsumsi tomat secara teratur juga dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit wajah semakin terlihat merona.
Dibawah ini ada beberapa tips pengolahan tomat untuk mengatasi masalah kulit wajah, disimak yuk J
1. Menghaluskan kulit wajah
Caranya : potong tomat yang masih segar, kemudian gosokkan pada kulit wajah. Atau bisa juga dengan cara menghaluskan tomat, kemudian diperas hingga keluar air-airnya. Setelah itu oleskan perasan buah tomat setiap hari ke kulit wajah.
2. Mengencangkan kulit
Caranya : iris tomat menjadi beberapa potong. Gosokkan irisan tomat tersebut pada kulit wajah, dan tunggu hingga mongering. Kemudian basuh dan bersihkan dengan air dingin. Hasil akan terlihat ketika dilakukan secara teratur.
3. Mengecilkan pori-pori wajah
Caranya : haluskan 1 buah tomat matang. Kemudian oleskan dan gunakan untuk masker wajah yang sebelumnya wajah harus sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu menggunakan kapas atau tissue. Diamkan masker tersebut serlama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.
4. Toner (Penyegar Wajah)
Caranya : Campur 2 gelas jus tomat dan 1 gelas air hangat. Masukkan campuran tersebut kedalam botol penyemprot. Gunakan sesuai kebutuhan dengan cara menyemprotkannya. Jika sudah digunakan, maka sisanya disimpan di lemari es untuk menjaga kesegaran tonernya.
5. Peeling untuk membersihkan sel-sel kulit mati
Caranya : campurkan 1 sendok makan tomat yang telah dihaluskan dengan 2 sendok makan air putih. Tambahkan tepung beras secukupnya hingga berbentuk kental. Oleskan pada kulit wajah hingga leher, hindari daerah sekitar mata. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan spons basah dan bilas dengan air hangat.
6. Menghilangkan jerawat yang terdapat pada muka
Caranya : Haluskan tomat, kemudian campur dengan 1 sendok teh air jeruk nipis. Gunakan campuran tomat dan air jeruk tadi sebagai masker (hindari daerah sekitar mata) dan diamkan selama setengan jam. Kemudia bersihkan dengan air hangat, dan kemudian bersihkan lagi menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin.
7. Menghilangkan komedo dan mencerahkan kulit
Caranya : menumbuk satu buah tomat dan satu buah alpukat, kemudian oleskan campuran tadi secara merata ke bagian wajah (hindari daerah sekitar mata) dan diamkan selama 20-30 menit. Masker ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan kering karena kaya akan vitamin A,C, dan E.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com