Rabu, 15 Oktober 2014

Cara Alami untuk Mengobati Luka Bakar Ringan

        Luka bakar adalah sebuah kondisi dimana jaringan permukaan tubuh rusak karena terpapar atau terkena panas yang terlalu tinggi, sehingga menimbulkan reaksi pada sistem metabolisme. Luka bakar ringan sering dijumpai karena beberapa sebab seperti terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung, terkena percikan api, terkena penggorengan yang masih panas, terkena setrika, bahkan terkena percikan air panas. Tanda-tanda luka bakar ringan biasanya ditandai dengan timbulnya warna kemerahan, terasa panas, dan tidak terdapat lepuhan pada kulit.
Pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika baru saja terkena luka bakar ringan adalah
1.      Mengguyur bagian yang terbakar tersebut dengan air yang mengalir selama kurang lebih 10 menit.
2.      Jangan dibubuhi odol (pasta gigi)
3.      Kompres dengan air dingin (bukan dengan es).
Dibawah ini ada beberapa tips atau cara alami untuk mengobati luka bakar ringan, yaitu :
1.      Lidah Buaya (aloe vera)
Lidah buaya adalah tanaman yang diyakini mempunyai berbagai manfaat dan khasiat dalam bidang kecantikan maupun kesehatan, salah satunya sebagai obat herbal luka bakar ringan. Cara menggunakannya sebagai obat bakar ringan yaitu dengan cara memotong lidah buaya, kemudian gel yang keluar dioleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar tersebut. Lakukan secara berulang hingga luka bakar mongering. Selain dapat menyembuhkan, lidah buaya juga diyakini mampu mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka.
2.      Madu
Sejak zaman dahulu, madu sudah terkenal sebagai obat alami luka bakar. Zat antisetik yang terdapat pada madu ternyata mampu menyembuhkan luka bakar ringan. Cara menggunakannya yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian kulit yang terkena luka bakar ringan. Madu akan memberikan efek mengurangi rasa sakit terbakar dan meminimalisir bekas luka di kemudian hari.
3.      Cuka
Senyawa kimia organik yang satu ini sudah sering digunakan sebagai obat luka bakar ringan. Cara menggunakannya yaitu dengan membasahi kain dengan cuka, kemudian kompreskan pada bagian kulit yang terbakar. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat.
4.      Minyak Lavender
Lavender merupakan tumbuhan liar yang hidup disemak-semak dan menyatu dengan rumput. Tumbuhan ini ternyata berkhasiat untuk mengobati luka bakar ringan dan meredakan rasa sakit. Caranya yaitu dengan mencampur minyak lavender dan lidah buaya, kemudian oleskan pada bagian kulit yang terbakar. Lakukan hal tersebut hingga rasa sakitnya berkurang.
5.      Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang sangat terkenal dengan berbagai khasiat dan manfaatnya. Minyak ini juga dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit akibat luka bakar dan membantunya untuk lebih cepat sembuh. Cara menggunakannya yaitu cukup mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang terkena luka bakar ringan.
6.      Kulit Pisang
Kulit pisan yang selama ini dianggap hanya sampah, ternyata memiliki khasiat untuk mengobati luka bakar ringan. Caranya yaitu dengan meletakkan kulit pisang pada bagian kulit yang terkena luka bakar ringan, dan memberi efek menghilangkan rasa sakit. Para ahli menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by BloggerCandy.com